Pengurangan Desimal: Panduan Langkah demi Langkah dan Pentingnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Muhammad Syamsuzzaman ShiddiqiPengurangan desimal adalah operasi matematika dasar yang digunakan untuk mengurangi bilangan desimal satu dari bilangan desimal lainnya. Ini adalah salah satu keterampilan matematika yang penting untuk dipahami dan dikuasai, karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam penghitungan uang, mengelola anggaran, atau menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan bilangan desimal.

pengurangan desimal


Pengurangan desimal melibatkan beberapa langkah yang harus diikuti dengan hati-hati. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan pengurangan desimal:


Langkah 1: Penentuan tempat desimal yang sesuai

Perhatikan dua bilangan desimal yang akan dikurangkan. Pastikan keduanya memiliki tempat desimal yang sesuai. Jika tidak, tambahkan nol di bagian akhir bilangan desimal yang memiliki jumlah digit desimal lebih sedikit, sehingga kedua bilangan memiliki jumlah digit desimal yang sama.


Contoh:

4,25 - 1,5

Tambahkan nol di belakang 1,5 sehingga menjadi 1,50.


Langkah 2: Mengurangkan digit desimal

Mulailah dari digit desimal paling kanan dan kurangkan digit tersebut. Jika digit yang dikurangkan lebih kecil dari digit di sebelah kiri, Anda perlu meminjam 1 dari digit di sebelah kiri.


Contoh:

4,25 - 1,50


Kurangkan digit desimal paling kanan: 5 - 0 = 5


Kurangkan digit desimal kedua dari kanan: 2 - 5. Karena 2 lebih kecil dari 5, Anda perlu meminjam 1 dari digit desimal paling kiri.


Kurangkan digit desimal paling kiri yang telah dipinjam: 4 - 1 = 3


Hasil pengurangan adalah 3,75.


Langkah 3: Penyederhanaan hasil

Jika ada digit desimal yang berlebih setelah melakukan pengurangan, Anda dapat membulatkan hasilnya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika hasil perlu diungkapkan hanya dengan dua digit desimal, Anda dapat membulatkannya menjadi 3,75.


Dalam beberapa kasus, hasil pengurangan desimal mungkin menghasilkan bilangan negatif. Ini menunjukkan bahwa bilangan yang dikurangkan lebih besar daripada bilangan yang dikurangkan darinya. Dalam situasi ini, Anda mungkin perlu mengikuti aturan yang berlaku, misalnya mengubah bilangan menjadi positif atau menunjukkan hasil dengan tanda negatif.


Pengurangan desimal adalah keterampilan matematika yang berguna dan penting. Dengan menguasainya, Anda dapat melakukan penghitungan yang akurat dan efisien dalam kehidupan sehari-hari. 

Penting untuk memahami konsep pengurangan desimal dengan baik sebelum melangkah ke keterampilan matematika yang lebih kompleks. Latihan reguler dengan pengurangan desimal akan membantu meningkatkan kecepatan dan ketepatan Anda dalam melakukan operasi tersebut.

Contoh Soal Pengurangan Desimal dan Cara Menjawabnya

Soal 1:
0,89 - 0,32

Langkah 1: Pastikan kedua bilangan memiliki jumlah digit desimal yang sama.
0,89 memiliki dua digit desimal, sedangkan 0,32 hanya memiliki satu digit desimal. Tambahkan nol di belakang 0,32 sehingga menjadi 0,32.

Langkah 2: Kurangkan digit desimal.
Kurangkan digit desimal paling kanan: 9 - 2 = 7

Kurangkan digit desimal kedua dari kanan: 8 - 3 = 5

Hasil pengurangan adalah 0,57.

Soal 2:
7,48 - 3,75

Langkah 1: Pastikan kedua bilangan memiliki jumlah digit desimal yang sama.
Kedua bilangan sudah memiliki jumlah digit desimal yang sama.

Langkah 2: Kurangkan digit desimal.
Kurangkan digit desimal paling kanan: 8 - 5 = 3

Kurangkan digit desimal kedua dari kanan: 4 - 7. Karena 4 lebih kecil dari 7, Anda perlu meminjam 1 dari digit desimal paling kiri.

Kurangkan digit desimal paling kiri yang telah dipinjam: 6 - 1 = 5

Hasil pengurangan adalah 3,73.

Soal 3:
12,5 - 8,76

Langkah 1: Pastikan kedua bilangan memiliki jumlah digit desimal yang sama.
Kedua bilangan sudah memiliki jumlah digit desimal yang sama.

Langkah 2: Kurangkan digit desimal.
Kurangkan digit desimal paling kanan: 5 - 6. Karena 5 lebih kecil dari 6, Anda perlu meminjam 1 dari digit desimal kedua dari kanan.

Kurangkan digit desimal kedua dari kanan yang telah dipinjam: 2 - 7. Karena 2 lebih kecil dari 7, Anda perlu meminjam 1 dari digit desimal paling kiri.

Kurangkan digit desimal paling kiri yang telah dipinjam: 1 - 8 = -7

Hasil pengurangan adalah -7,74.

Popular posts from this blog

Penjumlahan 3 Pecahan: Mengatasi Tantangan Matematika Sehari-hari

Menguasai Konsep Pengurangan Pecahan Campuran: Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Belajar Penjumlahan 3 Desimal Lengkap Dengan Contoh dan Cara Menjawabnya